Keunikan Terminal 3 Bandara Soetta

Terminal 3 SHIA (Soekarno Hatta International Airport) yang diresmikan penggunaannya Agustus 2017 lalu, dapat menampung 25 juta orang.  Sudah banyak artikel mengangkat keunikan dan kelebihan Terminal 3 ini.  Dari yang luasnya lebih besar dibandingkan Terminal 3 Changi hingga postingan yang mengulas fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola.  Yang paling gress adalah Railway [kereta] yang mengoneksikan SHIA ke commuter hub di tengah Ibukota; Manggarai dan Sudirman Baru.  Singkat cerita, semua fasilitas disediakan untuk kemudahan ke dan dari airport.

Tapi ada lho, hal lain dari Terminal 3 SHIA ini.  Keunikan ini dapat dinikmati terutamanya oleh pengguna Terminal 3 di bagian kedatangan.  Bagi yang hendak bepergian juga dapat melihatnya namun sayangnya hanya di beberapa lokasi saja.  Dari sejumlah penerbangan yang mendaratkan saya di Bagian Kedatangan di Terminal 3 SHIA, mural-mural ini lebih banyak terlihat menghiasi dinding area kedatangan.

Apa, mural?!

Iya, mural.

Jadi SHIA yang luasnya 331.101 meter persegi mempunyai banyak ruang yang beberapa diantaranya difungsikan sebagai ruang pamer; baik lukisan maupun foto.  Semuanya mengetengahkan kekayaan keragaman Indonesia, baik keindahan alamnya maupun hasil kriya lokal Indonesia.

Tidak hanya itu.  Dinding terminal yang didominasi warna putih itu ada juga yang dihiasi oleh lukisan mural.  Keuniknya, mural-mural tersebut selalu berada dimana tabung pemadam api portabel berada.  Selain mengalihkan kesan "siaga" atas keberadaan fire extinguisher tersebut,  justru malah memudahkan untuk diingat di titik mana saja portabel tabung pemadam api itu dapat diakses di saat diperlukan.

Keren ya, idenya! 

mural unik terminal 3 Bandara Soetta

mural unik terminal 3 Bandara Soetta

Mural unik Terminal 3 Bandara Soetta

Mural unik Terminal 3 Bandara Soetta

Mural unik Terminal 3 Bandara Soetta

Mural unik Terminal 3 Bandara Soetta

Mural Unik Terminal 3 Bandara Soetta

Mural unik Terminal 3 Bandara Soetta

Mural uni Terminal 3 Bandara Soetta


Ngga cuma bagian dalamnya saja yang keren.  Bagian luarnya pun tak luput dihiasi payung warna-warni seperti ini.  It looks playfull!

Payung warna-warni ini selain menarik dipandang mata, juga tetap memenuhi kodratnya untuk memayungi orang-orang khususnya yang berjalan dari tempat parkir ke area penjemputan di lantai dasar.


A post shared by Ratna Amalia (@ratna17amalia) on


Tertarik berkunjung ke Terminal 3 SHIA?

Sekaligus mencoba Soekarno-Hatta Airport railway seperti yang diposting kawan saya Donna Imelda di sini, opsi baru moda transportasi menuju bandara kebanggaan kita 👍

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Beringharjo Jogjakarta

4 Things You Can Do at Chatuchak Week End Market Beside Shopping